Sabtu, 24 November 2012

Hakekat Bahasa


Hakekat bahasa sama pengertiannya dengan ciri atau sifat hakiki terhadap bahasa. Chaer (1994:33) mengemukakan hakekat bahasa itu di antaranya adalah sebagai berikut.

1.Hakekat Bahasa Sebagai Sistem
     Kata sistem sudah sering atau biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari  dengan memiliki makna “cara” atau “aturan “ dan komponen-komponen yang diatur secara tersusun.
 Contohnya   :
1.                   Burung itu terbanglah ke  atas pohon
2.                   Burunglah terbang itu atas pohon ke

Sebagai sebuah penuturan bahasa indonesia akan tahu bahwa deretan  contoh yang pertama adalah sebuah kalimat bahasa indonesia karena tersusun sesuai dengan pola aturan kaidah bahasa indonesia ,sedangkan deretan contoh nomor dua bukanlah kalimat bahasa indonesia karena tidak tersusun sesuai pola aturan atau sistem bahasa indonesia.

2.Bahasa Sebagai Lambang
     Kata lambang menandai sesuatu yang lain secara konvensional,tidak secara alamiah dan langsung.
 Contohnya :Gambar Padi dan kapas yang berada di dalam perisai burung garuda Pancasila secara konvesional dipakai untuk melambangkan asas Keadilan sosial.

3.Bahasa adalah bunyi 
    Kata bunyi ,yang sering sukar dibedakan dengan kata suara ,sudah biasa kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.secara teknis menurut Kridalaksana ,bunyi adalah kesan pada pusat saraf sebagai akibat dari getaran gendang telinga yang bereaksi karena perubahan –perubahan dalam tekanan udara .
Contoh : kita berbicara kepada orang akan menghasilkan bunyi dari alat ucap kita.

4.Bahasa Itu Bermakna
   Lambang-lambang bunyi bahasa yang bermakna itu bdidalam bahasa berupa satuan-satuan bahasa yang berwujud morfen,kata,frase,klausa,kalimat ,dan wancana semua satuan itu memiliki makna
 Contoh lain: Lambang yang berwujud bunyi  [rumah ];lambang ini mengacu pada konsep “bangunan tempat tinggal manusia berdinding dan beratap”.

5.Bahasa Itu Arbitrer
    Kata arbiter bisa diartikan “sewenang-wenang ,berubah-ubah ,tidak tetap ,mana suka “.yang dimaksud dengan arbiter itu adalah tidak adanya hubungan wajib antara lambang bahasa (yang berwujud bunyi itu ) .
Contohnya: antara motor dengan yang di lambangkannya , yaitu “sejenis alat transpormasi  yang memilki dua ban yang dapat dikendarai”.kita tidak dapat menjelaskan mengapa alat tersebut dilambangkan dengan bunyi [motor] .mengapa ,misalnya ,bukan [romot]atau [tormo }atau lambang lainnya. 

6.Bahasa Itu Konvensional 
     Meskipun hubungan antara lambang bunyi dengan yang di lambangkannya bersifat arbitrer ,tetapi penggunaan lambang tersebut untuk suatu konsep tertentu bersifat konvensional ,artinya ,semua anggota masyarakat bahasa itu mematuhi konvensi bahwa lambang tertentu itu digunakan untuk mewakili konsep yang diwakilinya.
Contohnya binatang berkaki empat yang biasa di kendarai ,yang secara arbitrer di lambangkan dengan bunyi  [kuda ] ,maka anggota masyarakat bahasa indonesia ,semuanya ,harus mematuhinya kalau tidak di patuhinya ,dan menggantikannya dengan lambang lain ,maka komunikasi terhambat.

7.Bahasa Itu Produktif
       Kata produktif adalah bentuk ajektif dari kata benda produksi.arti produktif adalah banyak hasinya atau lebih tepat terus-menerus menghasilkan .
Contohnya : bentuk seperti
                 /k/-/t/-/i/-/a/
                /k/-/t/-/a/-/i/
                /t/-/k/-/a/-/i/
                /t/-/k/-/i/i-/a/
       Karena menurut sistem fonologi bahasa indonesia tidak ada urutan fonem tk atau kt.begitu juga bentuk memenuhi dan bertemui tidak berterima karena dalam sistem morfologi bahasa indonesia tidak ada pasangan afiks me-/-an dan ber-/-I,sedangkan bentuk-bentuk seperti memberlakukan,pemertahanan ,dan keterbacaan adalah bentuk-bentuk baru yang berterima karena tidak menyalahi  kaidah pembentukan kata bahasa indonesia .

8.Bahasa Itu Unik 
     Unik artinya mempunyai ciri khas yang spesifik yang tidak dimiliki oleh yang lain.lalu,kalau bahasa dikatakan bersifat unik  ,maka artinya setiap bahasa mempunyai ciri khas  sendiri yang tidak dimilki oleh bahasa lainya.
Contohnya :dalam kita berbahasa banjar sudah tanpak jelas kalo kita memiliki ke unikkan berbahasa banjar dan memiliki logat orang banjar

 9.Bahasa Itu Universal
       Selain bersifat unik,yakni  mempunyai sifat atau ciri masing-masing ,bahasa itu juga bersifat universal .Artinya ,ada ciri-ciri yang sama dimiliki oleh setiap bahasa yang ada di dunia ini.ciri-ciri yang universal ini tentunya merupakan unsur bahasa yang paling umum,yang bisa dikaitkan dengan ciri-ciri atau sifat –sifat bahasa lain.karena bahasa itu berupa ujaran ,maka ciri universal dari bahasa yang terdiri dari vokal dan konsonan.
Contohnya : mempunyai  buah vokal dan 22 buah konsonan,sedangkan bahas Arab mempunyai 3 buah vokal pendek dan 3 buah vokal panjang serta 28 buah konsonan 

10.Bahasa Itu Dinamis
     Bahasa adalah satu-satunya milik manusia yang tidak pernah lepas dari segala kegiatan dan gerak manusia sepnjang keberadaan manusia itu,sebagai makhluk yang berbudaya dan bermasyarakat .karena keterkaitan bahasa itu dengan manusia sedangkan dalam kehidupannya di dalam masyarakat kegiatan manusia itu tidak tetap dan selalu berubah,maka bahasa itu juga menjadi ikut berubah ,menjadi tidak tetap ,menjadi tidak statis ,karena itulah bahasa itu disebut dinamis.
Contohnya  bahasa indonesia dulu belum mengenal fonem /f/,/kh/, dan /sy/,ketiga fonem itu dianggap sama dengan fonem  /p/,/k/,dan /s/ ,sehingga kata fikir disamakan dengan kata pikir ,kata khabar sama dengan kata kabar ,dan kata masyarakat sama dengan kata masyarakat.

11.Bahasa Itu Bervariasi
       Mengenai variasi bahasa ini ada tiga istilah yang perlu diketahui,yaitu idiolek,dialek,dan ragam.idiolek adalah variasi atau ragam bahasa yang bersifat perseorangan .setiap orang tentu mempunyai ciri khas bahasanya masing-masing. Kalau kita banyak membaca karangan orang yang banyak menulis ,misalnya,Hamka,Sutan Takdir Alisyahbana,Hamingway,atau Mark Twain,maka kita akan dapat mengenali cirikhas atau idiolek pengarang-pengarang itu.Dialekadalah variasi bahasa yang digunakan oleh sekelompok anggota masyarakat pada suatu tempat atau suatu waktu.misalnya,kita di Indonesia mengenal adanya bahasa Jawa Dialek Banyumas ,bahasa jawa dialek tegal ,bahasa jawa dialek swurabaya ,dan sebagainya.variasi bahasa yang digunakan pada masa tertentu ,misalnya bahasa indonesia zaman balai pustaka,bahasa Indonesia zaman orde baru ,atau bahasa Indonesia zaman Abdullah bin Abdul Kadir Munsyi,lazim  disebut dialek temporal atau juga kronolek.Ragam atau ragam bahasa adalah variasi bahasa yang dalam situasi ,keadaan,atau untuk keperluan tertentu .

12.Bahasa Itu Manusiawi 
        Karena bahasa manusiawi adalah alat komunikasi manusia yang namanya bahasa ,artinya hanya milik manusia dan hanya dapat digunakan oleh manusia.contohnya seorang tarzan saja dalam cerita modern sekarang ,dapat berkomunikasi dengan segala macam binatang hutan ,apalagi seorang nabi yang mempunyai banyak kelebihan dari pada manusia biasa.
   
                             
Sumber:
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
http://lidahtinta.wordpress.com/2009/09/24/hakekat-bahasa-dan-fungsinya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar